Jumat, 03 Mei 2013

46. Faktor-faktor kepemimpinan



Faktor Kepemimpinan ini membentuk Leadership, yakni:
  1. Leader (Pemimpin)
  2. Followers (Pengikut)
  3. Communication (Komunikasi)
  4. Situation (Kondisi)
Singkatnya, tanpa 4 Faktor Kepemimpinan tersebut tidak akan ada namanya Leadership.
Leader (Pemimpin)
Bukan perkara Siapa dan Apa yang Anda ketahui serta yang dapat Anda kerjakan, melainkan bagaimana Anda membuat mereka dapat mengikuti dengan keyakinan dan rasa percaya.  Anda tidak perlu meyakinkan Atasan atau orang lain kalau Anda layak diikuti. Menjadi Pemimpin berarti Anda akan diikuti karena Cara Pandang, Perilaku, Tindakan serta Sifat-sifat Anda, bukan karena Perintah dan Instruksi serta Kata-kata Anda.

Followers (Pengikut)
Setiap orang mempunyai perbedaan dalam menghadapi pekerjaannya, dan inipun memerlukan penanganan berbeda oleh seorang Leader.  Karyawan baru tentu perlu Supervisi lebih daripada orang lama, demikian pula karyawan dengan semangat serta motivasi tinggi akan bertolak belakang menanganinya dibanding seseorang yang tengah depresi.  Kenalilah orang-orang Anda, melalui sifat mereka seperti Motivasi, Emosi dan Kebutuhan.

Communication (Komunikasi)
Kepemimpinan adalah hubungan dua-arah, dan umumnya didominasi melalui komunikasi non-verbal.  Anda perlu tahu dan paham  bagimana cara menyampaikan keinginan Anda kepada mereka, yang mana Anda tidak akan melakukannya.  Pendekatan kepada orang-orang dalam tim Anda sangat berpengaruh bagi kelangsungan Leadership Anda.  Perlu cara-cara khusus dalam Membangun Tim Pendukung kepemimpinan.

Situation (Kondisi)
Kondisi dan Situasi akan selalu berubah, sedemikian inilah yang membuat Leadership adalah Dinamika Perilaku Manusia.  Leader memiliki kemampuan penangan yang berbeda dalam situasi yang berbeda pula, dan ini tidak dapat dijustifikasi dalam setiap kondisi.

Perlu dicatat bahwa situasi biasanya akan berakibat lebih besar saat adanya Action seorang pemimpin daripada Sifat dan Perilakunya.  Inilah mengapa sejumlah sarjana kepemimpinan berpikir Teori Proses Kepemimpinan (Process Leadership) lebih akurat daripada Teori Sifat Kepemimpinan (Trait Leadership).
Berbagai macam hal akan mempengaruhi 4 Faktor Kepemimpinan, Hubungan Anda dengan Senior, Keterampilan Pengikut Anda, Pemimpin Informal dalam organisasi Anda, dan Bagaimana organisasi Anda terorganisir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar