Senin, 29 April 2013

03. Arti pentingnya organisasi dalam masyarakat





  Organisasi adalah suatu wadah yang menaungi sekumpulan orang dengan visi dan misi yang sama demi mencapai tujuan bersama. Organisasi mempunyai struktur untuk pembagian kerja dan tata cara hubungan kerja sehingga mempermudah masing-masing pemegang posisi untuk menjalankan tugasnya.
  Dalam sebuah organisasi, harus ada: komponen (atasan dan bawahan), kerja sama, tujuan, sasaran, keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati, pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
  Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa menemukan organisasi dengan lingkup yang kecil. Dalam keluarga pun sebenarnya ada aktifitas organisasi yang tidak disadari. Dalam sebuah keluarga kita mempunyai tujuan untuk mensejahterakan kehidupan keluarga. Contoh lainnya adalah di sekolah ada OSIS, dan di universitas ada BEM. Walaupun secara detail, kedua organisasi ini mempunyai peranan yang berbeda tetapi pada intinya mereka sama-sama mempunyai tujuan untuk membawa anggota dan lingkungannya ke arah yang lebih baik.
  Jika OSIS dan BEM adalah contoh dari organisasi dengan skala yang kecil yang sering kita dengar, maka ada organisasi yang berskala besar yang menaungi masyarakat. Masyarakat adalah sekumpulan orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka, dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Contoh organisasi masyarakat yang sering kita dengar adalah FPI, FBR, dan lain-lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar